"to be technician for our self"

SMKN 2 Cimahi

Kamis, 19 Februari 2009

Perangkat mekatronika

PLC (Programmable Logic Controller)

PLC pada dasarnya adalah sebuah komputer yg khusus di rancang untuk mengontrol suatu proses atau mesin.Seperti pada sistem-sistem servo,atau kontrol dua keadaan (on/off) saja,tetapi dilakukan secara berulang-ulang seperti umum d jumpai pd mesin pengeboran,sistem konveyor,dan lain sebagainya.

Pneumatik system

Pneumatik ini sbenernya klo d liat dr artinya tenaga angin, jd bahan dasar yg d pakai nya tu ya angin yg bersifat fluida.sebagai proses utamanya dalam pneumatik
1.kompressor,sebagai penekan atau sebagai peng-kompres angin yg ada pd tanki ke output,misalnya ke valve,piston,dll
2.pressur gauge, kalau diartikan satu-satu dlm bahasa inggris pressure = tekanan, gauge=meteran/ukuran. Jd kalo d artiin menyeluruh, artinya alat pengukur tekanan yg datang dr kompressor ke output, nah.! sbelum ke output, angin yg keluar dr kompressor lewat dlu ke pressure gauge untuk d ukur dlu brapa "Bar" tekanan yg masuk.;-)
3.output/pengontol,diantaranya a) aktuator adalah sebagai penggerak/ pendorong benda, biasanya alat ini di industri digunakan untuk penge-press,pencetakan,dll. b) katup (valve) adalah sebagai saluran yg berbentuk ruangan yg dapat berganti
Arah,misalnya pd katup 2/2 ini adalah katup yg memiliki 2 kaki/saluran dan 2 ruangan, katup 3/2 berarti katup yg memiliki 3 kaki/saluran dan 2 ruangan,dll. c) motor hidrolik dan motor pneumatik,sebagai sesuatu yg digerakkan,beban,daya yg bertenega fluida.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda